Breaking

Monday, February 3, 2014

Cara Mengatasi WC Mampet atau Buntu dengan Soda Api

Yang namanya WC Mampet adalah hal yang paling menyebalkan dirumah, apalagi kalo kita lagi pengen buang hajat (baca: Boker alias ber*k) tapi WC mampet, alhasil terjadi genangan yang menjijikan deh (maaf buat yg lagi makan). Trus gimana sih WC kok bisa mampet, dan gimana cara mengatasi WC yang mampet?

Hal ini gue rasakan beberapa hari yang lalu, ngenes banget deh tiap kali ngerasa "mules" pas dirumah tapi kenyataannya WC mampet. Gue jadi penasaran dan bertanya2, kok bisa mampet sih?

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api

Kebetulan rumah yg gue tempatin bersebelahan sama rumah Bibi gue, jadi ada 2 WC dong, dan ternyata spiteng (septic-tank alias lubang penampungan pembuangan tinja) cuma ada satu. Disebelah WC lancar kaya jalan tol jam 02:00 pagi, tapi kok di tempat gue WC mampet? Berarti ada yang gak beres di WC rumah gue.!!!!

Akhirnya gue tanya2 ke sodara, temen dan tetangga gimana cara mengatasi WC mampet, kebanyakan sih suruh pake "Soda Api". Gue coba search di mbah google, ternyata emang kebanyakan menyarankan pake soda api untuk mengatasi WC mampet. Dan percobaan pun dilaksanakan.


Soda Api untuk Mengatasi WC Mampet
1.) Siapin Uang
Langkah pertama adalah siapkan uang secukupnya untuk membeli soda api ini. Soda Api bisa dibeli di toko Kimia atau toko bangunan (baca: toko matrial).

2.) Beli Soda Api
Setelah ada uang, silahkan langsung ke toko dan beli soda api. Biasanya ditanya buat apaan, bilang aja buat WC mampet. Nanti bakal dikasi jenis Soda Api yang rada halus, biasanya kiloan atau emang udah sepaket. Kalo bisa beli 2 kilo buat cadangan.

3.) Masak Air sampe Panas
Setelah beli soda api dan kembali kerumah, selanjutnya siapin air di "Panci" trus masak di Kompor sampe mendidih (intinya air panas deh).

4.) Ritual Memasukkan Soda Api
Setelah air panas siap, sekarang saatnya melakukan ritual mengatasi wc mampet dengan SODA API..!!!

- Tuangkan soda api ke lubang saluran pembuangan yg mampet (baca: lubang jamban/WC) sampai tertutup.
- Lalu siram dengan air panas sedikit-sedikit.
- Jaga jarak lubang WC dengan muka biar asap dari soda api gak kena muka saat menuangkan air panas.
- Karena Soda Api serbuk ini akan bereaksi dengan mengeluarkan letupan kecil dan menjadi busa.
- Lakukan secara berulang dan SABAR.
- Kalo masih belum lancar juga, ulangi lagi ritual cara mengatasi WC mampet diatas sampai wc benar-benar lancar.

5.) Kalo Masih Mampet Juga ?
Bisa menggunakan jurus lain yaitu menggunakan penyedot WC. Sobat musti memancingnya dengan penyedot WC seiring dengan soda api bereaksi, lakukanlah secara berulang kali.

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Penyedot WC

Tips mengatasi WC mampet pake Soda Api diatas bisa dilakukan dengan catatan WC mampet karena emang ada yang menyumbat. Karena kalo kenyataannya septic-tank yang penuh, yang ada malah makin luber deh tuh WC. Karena penyebab WC mampet itu ada dua, yaitu:

1.) WC Mampet Karena Septic Tank Penuh
Salah satu yang menyebabkan WC mampet adalah karen isi septic tank udah penuh. Jadi, kalo pake soda api kurang efektiv, yang ada malah makin mampet dan meluber kemana-mana.
Sobat bisa mengatasi WC mampet karena septic-tank penuh ini dengan cara menghubungi tukang sedot WC.

2.) WC Mampet Karena Tersumbat
Nah, kalo udah cex septic-tank kok gak penuh, berarti penyebab wc mampet adalah karen ada yg menyumbat. Dan cara mengatasi wc mampet ini solusinya dengan SODA API diatas.

Menurut informasi yang gue baca, konon katanya soda api ini bisa menghancurkan lemak-lemak bekas makanan (tinja) dan plastik-plastik limbah yang masuk ke dalam WC. Jadi, kalo memasukkan soda api ke WC yg mampet diharapkan bisa menghancurkan kotoran yg menyumbat saluran tersebut.

Dikarenakan SODA API mempunyai sifat kimia:
1. AgNO3 - Silver Nitrate
2. HCl - Asam Klorida
3. H2S - Hidrogen Sulfida
4. H2SO4 - Asam Sulfat
5. NaOH - Sodium Hidroksida/Soda Api

* Sifat-sifat kimia Soda api ini:
- Mampu menghancurkan penyebab WC mampet.
- Tapi larutan Soda api ini dapat meninggalkan Noda membandel pada keramik / closed.
- Bersifat korosif terhadap jaringan tubuh, dengan potensi kerusakan pada organ pernapasan, mata, kulit, dan usus. Jadi, jaga jarak, pake masker dan jangan sampe kena tubuh sobat.

Nah itulah sedikit penjelasan dan tips rumahan tentang Cara Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api yang bisa dilakukan sendiri. Intinya sih berusaha mencari tau penyebabnya, cari tau cara mengatasinya, dan coba praktekin deh. 

Semoga bermanfaat.



11 comments:

  1. terima kasih atas infonya karena punya saya pernah tersumbat plastik
    tasseminar/www.yaakifaelegantas.com

    ReplyDelete
  2. atau coba dulu dengan yg ramah lingkungan dengan Starbio Plus

    ReplyDelete
  3. terimakasih infonya sangat bagus salam kenal dari
    http://sedotwcjogjakarta.com/

    ReplyDelete
  4. Terima kasih informasinya, hanya maaf, di uraian paling bawah udah tertulis Na OH / soda api, kenapa masih ditulis bersifat AgNO3, H2S, H2SO4, HCl, nah ini yg tidak masuk akal. intinya yg namanya soda api rumusnya hanya NaOH

    ReplyDelete
  5. Terima kasih informasinya, hanya maaf, di uraian paling bawah udah tertulis Na OH / soda api, kenapa masih ditulis bersifat AgNO3, H2S, H2SO4, HCl, nah ini yg tidak masuk akal. intinya yg namanya soda api rumusnya hanya NaOH

    ReplyDelete
  6. perlu di coba nih, semoga dapat membantu
    thanks gan info ny

    ReplyDelete
  7. wah artikelnya sangat bermanfaat gan, lanjutkan gan

    ReplyDelete

terima kasih atas kunjungannya.. silahakn tinggalkan komentar dan follow.. pasti kami kunjungi balik dan kami follback.. Maaf, kami hapus komentar link hidup, iklan, promo, spam... happy blogging.. :)