Breaking

Monday, April 21, 2014

Tips Sederhana Merawat Baterai Laptop atau Netbook Agar Awet

Laptop alias Notebook atau Netbook atau tablet kini bukanlah sesuatu benda yang istimewa banget. Sekarang sudah banyak orang yang memiliki laptop, dari pelajar hingga Mahasiswa dan karyawan kantor sudah banyak yang memakai laptop. Bisa dikatakan laptop sekarang adalah sudah menjadi kebutuhan untuk menunjang sekolah ataupun pekerjaan atau hiburan sekalipun. Karena hanya dengan dengan Laptop kita bisa melakukan berbagai pekerjaan sekaligus hiburan multimedia. Cara mendapatkannyapun juga tidak terlalu sulit, mau beli nggak harus pakai kontan karena sekarang yang kreditanpun banyak.. he..he..

Kepraktisan serta kemampuan Laptop untuk tugas tugas berat memang membuat laptop belum bisa digantikan secara keseluruhan oleh tablet. Meskipun dapat digunakan secara mobile, salah satu kelemahan laptop adalah daya battery laptop yang drop ketika sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun, hal tersebut dapat kita hindari jika kita melakukan merawat baterai laptop dengan baik dan benar.  

battery laptop
 Pola penggunaan laptop menjadi faktor utama penyebab baterai drop dan tidak awet. Nah untuk menjaga battery laptop tetap awet berikut ini kami berikan beberapa Tips Sederhana Merawat Baterai Laptop atau Netbook Agar Awet.
  • Colokkan laptop dengan sumber listrik saat terdapat indikator baterai lemah. Jangan menunggu sampai baterai habis, karena baterai berjenis Li-Ion justru akan mudah rusak atau drop jika telat saat pengisian ulang daya.
  • Jangan gunakan laptop saat proses pengisian ulang baterai jika memungkinkan. Kondisi seperti ini akan membuat baterai panas dan cepat drop. Meskipun ada beberapa pendapat yang menganggap hal tersebut tidak berpengaruh, namun sebaiknya hindari kebiasaan seperti itu.
  • Atur kecerahan layar pada titik rendah. Layar menjadi salah satu penyedot daya terbesar setelah CPU. Untuk mengehat daya agarbaterai awet, sebaiknya atur tingkat kecerahan pada level rendah. Selain hemat, juga dapat melindungi mata Anda dari kerusakan.
  • Aktifkan svae mode dan atur dalam beberapa menit. Saat laptop tidak digunakan sebaiknya aktifkan mode tidur agar secara otomatis daya laptop dapat disimpan.
  • Tutup aplikasi yang menyedot resource CPU yang tidak digunakan. Banyak aplikasi yang sebenarnya menyedot resource CPU namun tidak kita sadari. Program atau aplikasi tersebut tentunya turut menyedot daya baterai sehingga cepat habis. Gunakan Windows Task Manager untuk mengetahuinya, kemudian tutup aplikasi yang tidak digunakan.
  • Tutup aplikasi secara benar. Ada beberapa aplikasi yang jika ditutup sebenarnya belum berhenti seperti Ymessenger, Skype, dll. Tutup aplikasi tersebut secara benar (melalui Windows Task manager).

Itulah beberapa tips yang dapat Anda praktekan untuk merawat baterai laptop atau battery netbook agar tetap awet. Terdengar sederhana, namun sebenarnya faktor yang membuat baterai cepat habis adalah kebiasaan penggunaan laptop yang salah.

semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

terima kasih atas kunjungannya.. silahakn tinggalkan komentar dan follow.. pasti kami kunjungi balik dan kami follback.. Maaf, kami hapus komentar link hidup, iklan, promo, spam... happy blogging.. :)