Tentang Keputihan Pada Wanita


Keputihan merupakan sesuatu yang tidak asing lagi bagi semua wanita, karena keputihan merupakan suatu kejadian dan kodrat yang harus dialami wanita. Tetapi ingat keputihan sangat lah berbahaya jika dibiarkan bahaya keputihan yang sangat fatal adalah dapat mengakibatkan kemandulan dan bahkan kematian. Karena hal tersebutlah kita harus mencari pengobatan yang tepat serta tidak menimbulkan efek samping dan kecanduan. Kita tahu banyak sekali obat yang menawarkan untuk mengobati keputihan tetapi ingat obat tersebut terbuat dari bahan kimia yang tentu saja hal tersebut sangat berbahaya jika dibiarkan akan menyebabkan efek samping dikemudian hari dan bahkan mungkin akan menyebabkan kecanduan.

Keputihan dapat menyebabkan kemandulan atau bahkan kematian mungkin hal ini merupakan tamparan keras bagi wanita yang selalu menyepelekan keputihan.Sebenarnya masalah keputihan merupakan masalah yang dari dulu menjadi masalah bagi kaum perempuan.

Hal yang paling menyedihkan adalah ketika para wanita yang tahu apa itu keputihan dan terkadang menganggap remeh masalah ini.Padahal mereka tahu keputihan bahwa keputihan tidak bisa dianggap enteng, Apabila keputihan lambat untuk ditangani dapat menjadi sangat fatal karena tidak hanya bisa mengakibatkan kemandulan dan hamil diluar kandungan,keputihan pun bisa menjadi gejala awal dari kanker leher rahim apabila sudah begitu kematian pun bukan menjadi hal yang mustahil.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya keputihan. Diantaranya faktor fisiologis (terjadi secara alami), dan patologis (abnormal akibat penyakit). Mengenai dampaknya, jika tidak ditangani secara tepat, keduanya bisa jadi berbahaya bagi kesehatan. Terutama ketika dilakukan saat bercinta.

Masalah keputihan adalah masalah yang sejak lama menjadi persoalan bagi kaum wanita. Tidak banyak wanita yang tahu apa itu keputihan dan terkadang menganggap enteng persoalan keputihan pada wanita ini. Padahal keputihan tidak bisa dianggap enteng, karena akibat dari keputihan ini bisa sangat fatal bila lambat ditangani. Tidak hanya bisa mengakibatkan kemandulan dan hamil diluar kandungan, keputihan juga bisa merupakan gejala awal dari kanker leher rahim, yang bisa berujung pada kematian. 
  • Apa sebenarnya keputihan itu ? 
  • Seperti apa ciri-cirinya ? 
  • Dan bagaimana pencegahannya ?

Fungsi Cairan Vagina yang Berubah
Bagi pasangan menikah, keputihan bisa menimbulkan masalah ketika bercinta. Cairan organ kewanitaan yang umumnya diproduksi secara normal, akan keluar lebih banyak. Jika biasanya cairan vagina dikeluarkan untuk membersihkan dan melindungi mrs V, bahkan menjadi pelumas ketika akan bercinta, maka pada saat keputihan cairan berlebih yang keluar justru tidak lagi berfungsi dengan baik .

Ciri dan Dampak Keputihan
Cairan vagina yang keluar bisa saja memiliki bau tak sedap (asam atau busuk), berwarna tidak lagi bening, lebih kental (menyerupai ingus), dan terasa sangat gatal. Bukan hanya itu, banyak juga wanita yang merasa nyeri di bagian bawah perut atau lubang Mrs V ketika berhubungan intim di saat keputihan. Buruknya, efek nyeri dan gatal tersebut juga tidak segera hilang sekalipun bercinta telah selesai dan Mrs V sudah dibersihkan.

Tunda Hubungan Intim !
Jika kondisi seperti di atas terjadi, sebaiknya hubungan intim tidak dulu dilakukan. Penetrasi dan gerakan penis ke dalam vagina akan membuat iritasi dan peradangan (inflamasi). Akibatnya keputihan tambah meluas hingga membahayakan organ-organ reproduksi sekitar rahim. Begitu juga dengan kondisi psikologis kedua pasangan, jika penderita merasa tidak dapat memuaskan, maka pasangannya akan dibuat merasa bersalah, dan juga tidak terpuaskan. Tak jarang hubungan malah runyam akibat masalah ini.

Cara Mengatasi Keputihan Paling Baik

Untuk mengatasinya, disarankan oleh para ahli untuk segera mengonsultasikan diri pada dokter kandungan atau bidan. Lebih baik lagi jika dilakukan papsmer untuk memeriksa lendir vagina. Umumnya, kendala keputihan yang menyebabkan bau, warna berubah dan rasa gatal adalah serangan mikroorganisme seperti jamur, parasit, bakteri, dan juga virus.
Obat yang Tepat Adalah yang Sesuai Penyebabnya

Jika sudah diketahui jenis mikroorganisme penyebabnya, baru bisa ditentukan obat yang tepat. Karena setiap jenis mikroorganisme tersebut akan berbeda obatnya. Jangan sembarang menggunakan obat herbal atau antibiotik yang beredar di pasaran. Karena obat yang tidak tepat akan semakin memperparah keputihan yang terjadi, serta menyebabkan munculnya penyakit serius.


 Keputihan bisa menyerang segala usia terutama usia produktif. Penyebabnya dapat terjadi secara alami, ataupun akibat penyakit tertentu. Apa pun itu, keputihan tidak boleh dianggap enteng dan harus segera diobati dengan tepat. Karena akibatnya bisa sangat fatal jika lambat ditangani. Seperti beberapa bahaya keputihan berikut ini:

Rasa Gatal Berlebih dan Iritasi
Jika terasa gatal yang diiringi bau tak sedap muncul dari Mrs V, berarti keputihan yang kamu alami sudah tidak wajar. Semakin dibiarkan, rasa gatal ini bisa jadi sangat berlebihan. Sekalipun kamu membersihkannya, tetap akan terasa panas dan mengganggu. Buruknya, rasa gatal yang sulit hilang akibat peradangan ini rentan iritasi. Misalnya akibat garukan kuku yang tidak disengaja, atau akibat gesekan celana karena kulit jadi lebih sensitif.

Gangguan aktivitas seksual
Keputihan yang dibiarkan tanpa pengobatan akan mengganggu hubungan seksual, karena adanya lendir yang merupakan cairan lubrikasi berlebih dan membuat tidak nyaman saat penetrasi. Hal ini bukan hanya berpengaruh terhadap fisik, tapi juga gairah rumah tangga.

Infeksi Saluran Kemih
Bukan cuma gatal, penyebaran kuman lewat keputihan akan menginfeksi saluran kemih. Gejala utamanya bisa kamu rasakan setiap kali buang air kecil. Kamu akan menderita karena kesulitan buang air kecil, akibat keluar hanya sedikit-sedikit dan terasa mengganjal tapi tidak dapat dikeluarkan. Lebih sering lagi, Mrs V-mu akan terasa nyeri dan linu tiap kali buang air kecil.

Sakit Pinggang
Bersamaan dengan infeksi saluran kemih, keputihan yang dibiarkan terlalu lama akan merembet ke rongga panggul. Sehingga membuat pinggang dan panggul mudah mengalami pegal dan nyeri. Gejalanya hampir sama dengan orang yang mengalami permasalahan pada ginjal.

Kemandulan
Infeksi Mrs V yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebar ke sistem reproduksi bagian atas sehingga memicu radang, penyumbatan lubang dan saluran sistem reproduksi. Hal ini dapat mengakibatkan infertilitas atau kemandulan.

Pendarahan
Keputihan yang terus dibiarkan bisa merembet ke rongga rahim, memasuki saluran indung telur hingga sampai ke indung telur. Jika sudah begini, keputihan parah akan tersamarkan seperti orang yang mengalami haid, alih-alih pendarahan.

Hamil Luar Kandungan
Keputihan yang memasuki indung telur tadi menjadi penyebab utama kehamilan etopik (luar kandungan). Buruknya lagi, cara untuk mengatasi hal ini hanyalah dengan pembedahan dan pengangkatan. Jika tidak segera dilakukan, pembusukan akan terus terjadi, dan kamu akan merasakan nyeri sangat hebat di bagian bawah perut.

Kanker Mulut Rahim
Keputihan dalam kondisi yang parah merupakan awal gejala kanker serviks (mulut rahim). Lebih buruk lagi, banyak perempuan yang menyangka kanker serviks ini merupakan kelanjutan dari nyeri haid. Padahal, gejala terselubung kanker serviks sendiri merupakan salah satu efek bahaya keputihan seperti nyeri panggul, pendarahan, dan juga sakit buang air kecil.

Kematian
Perpanjangan dari keputihan parah yang tidak segera diatasi adalah kemungkinan kematian, misalnya akibat keganasan kanker, atau pendarahan tak teratasi.

Jadi, segera atasi keputihanmu sejak dini ya . Baiknya lagi dengan mengetahui penyebab yang tepat, agar kamu bisa menanganinya dengan tuntas.

====

Hindari 8 Hal Ini Jika Tak Ingin Keputihan ! 


Pola Hidup Tidak Sehat
Pola hidup tidak sehat seperti merokok, kurang tidur, jarang olahraga, kebiasaan makan yang buruk, dan jarang mengonsumsi air putih bisa menyebabkan kamu keputihan.

Bertukar Alat Pribadi
Sekalipun dengan orang yang sangat dekat seperti adik-kakak, ataupun sahabat, kamu dilarang bertukar alat pribadi. Misalnya saja handuk, dan terutama celana dalam. Karena pada celana dalam terdapat kuman tertentu yang akan berbeda jenisnya, tidak hilang sekalipun dicuci, dan meyebabkan kamu keputihan. 

Kurang Waspada Menggunakan Sarana Umum
Sekalipun di WC umum yang kelihatannya bersih dan berkelas sekalipun, kamu perlu tetap berhati-hati jika ingin menggunakan kloset. Karena bibir kloset merupakan tempat utama penularan bakteri, virus, serta jenis kuman lainnya penyebab keputihan. Gunakan spray khusus dan melapisinya dengan banyak tisu apabila terpaksa menggunakan kloset duduk.

Kurang Perawatan
Jangan lupa mengganti celana dalam minimal dua hingga tiga kali sehari. Terutama ketika kamu beraktifitas berat dan memungkinkan tubuhmu berkeringat dan lembab. Jika haid, pastikan pembalutmu terganti minimal tiga kali sehari dan dalam keadaan tetap kering.

Penggunaan Obat-obatan
Setiap obat memiliki efek samping, salah satunya penyebab keputihan. Terutama yang terjadi dengan mengonsumsi antibiotik cukup lama , penggunaan obat yang tidak cocok seperti pil KB, dan yang paling bahaya adalah penggunaan narkoba karena dapat merusak keseluruhan metabolisme tubuh.

Hubungan Seks
Hubungan seks dengan prilaku tidak setia (gonta-ganti pasangan) hampir sepenuhnya menyebabkan kamu terjangkit sejumlah penyakit kelamin penyebab keputihan. Begitu pula bagi yang sudah menikah, dengan berhubungan intim, namun keadaan pasanganmu sedang tidak bersih, juga bisa menyebabkanmu menderita keputihan.

Salah Cara Membersihkan
Bersihkan vagina dengan air bersih yang mengalir dengan cara mengusap dari depan ke belakang ke arah anus. Lakukan hal ini setiap kali buang air besar atau kecil.

Banyak Menggunakan Antiseptik
Minimalisir penggunaan sabun antiseptik karena dapat menggangu keseimbangan pH vagina (skala normal 3,5-5,5). Flora normal di dalam vagina membantu menjaga keasaman pH, sehingga kuman tidak tumbuh dan menyebabkan infeksi berujung keputihan. Jika ingin menggunakannya, pastikan hanya ketika kamu sudah terjangkit keputihan. Bukan sebagai upaya pencegahan atau kebiasaan perawatan sehari-hari.

Demikan yang bisa kami sampaikan tentang keputihan pada wanita
semoga bermanfaat..

referensi :
http://www.lintas.me/article/editor/8-bahaya-keputihan-bagi-perempuan
http://bidanku.com/awas-keputihan-bisa-mengakibatkan-kematian-dan-kemandulan
dan berbagai sumber lainnya
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
kotak disqus
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner