Batu Akik dengan segala Keunikan dan Jenisnya

Akhir-akhir ini batu akik menjadi pembicaraan di mana-mana, bak selebritis yang namanya lagi naik daun dan melesat tinggi, bisa dikatakan sekarang lagi booming batu akik. Banyak sekali penggemar batu akik atau batu mulia di masyarakat, dari masyarakat awam sampai para intelek, dari petani sampai direktur. Banyak sekali yang beralih kegemaran atau hobi, bila dulu menggemari burung berkicau atau ikan louhan sekarang beralih menjadi pengemar batu akik. Bila dulu menjadikan jual beli bonsai sebagai ladang penghasilan sekarang beralih menjadikan batu akik sebagai ladang jual beli batu akik yang cukup menguntungkan. Demam Batu Akik masih akan berlangsung cukup lama yang melanda ke seluruh Indonesia.



Hal ini tidalk lepas dari berbagai keunikan, jenis, atau mithos seputar batu mulia ini yang sekarang terkenal sebagai batu akik. Banyak kita jumpai batu akik yang dijadikan sebagai perhiasan entah itu berbentuk liontin batu akik atau kalung batu akik, namun yang cukup digemari masyarakat adalah cincin batu akik. Hal ini dikarenakan jenis batu akik yang mempunyai banyak tampilan warna yang sangat memukau, misalnya saja seperti batu akik jenis batu kalimaya, atau batu akik bacan, atau batu akik panca warna, atu batu giok. Banyak kaum pria yang memakai cincin batu akik di jarinya, tidak hanya satu bahkan kadang semua jari tangannya dikasih cincin batu akik biar tampak gagah.. he.. he..




Batu akik merupakan batuan alam yang berasal dari kristal kuarsa dengan tingkat kepadatan, warna, kejernihan yang berbeda-beda. Dikarenakan keindahanna itulah sampai-sampai batu akik dianggap menyimpan banyak makna dan karakter. Sehingga dalam mithosnya batu akik dianggap batu yang mempunyai kekuatan ghaib yang bisa memberikan pengaruh kepada pemiliknya. Misalnya saja dianggap mampu memberikan pengaruh pengasihan, kewibawaan, kekebalan, penglarisan, dan lain-lain.

Berikut beberapa jenis batu akik yang Jenis Batu Akik Yang Banyak Diburu dan banyak dicari para pecinta batu mulia atau kolektor batu akik :

1. Batu Bacan Hijau

Batu akik yang bayak diburu para kolektor ini berasal dari pulau Kasiruta, Halmahera, Maluku Utara. Batu jnis ini sangat diminati bahkan sampai diburu para kolektor mancanegara. Banyak kelebihan yang dimiliki batu akik jenis ini, salah satunya adalah batu ini bisa bermetamorfosa secara alami. Ada 2 jenis Batu Bacan yang paling populer yaitu jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.

 

 

2. Batu Akik Kalsedon atau Chalcedony

Batu ini memiliki berbagai warna mulai merah, kuning, biru, hijau, hingga jingga. Batu ini mempunyai ciri seperti diselimuti kabut transparan dan menambah keeksotisannya. Batu jenis ini banyak dihasilkan di Pulau Obi, Maluku, Jawa Barat, Baturaja, dan Pacitan, Jawa Timur. Jenis kalsedon yang saat ini naik daun adalah rafflesia dari Bengkulu.

3. Batu Akik Kalimaya

Batu akik ini meskipun lembek, namun tetap banyak yang mencarinya. Batu ini memiliki ciri spesifik yang mampu memancarkan warna semacam berlian dan menjadikan batu ini termasuk buruan nomor satu bagi para kolektor. Jenis batu akik ini sering disebut dengan opal. Batu akik ini bisa ditemukan di negara India, Meksiko, Australia, dan Mesir. Sedangkan di Indonesia, batu ini bisa kalian cari di daerah Banten.

4. Batu Akik Safir

Batu safir tergolong mahal dan mempunyai segmen pasar tersendiri. Batu safir memiliki jenis warna cukup dikagumi dan juga dianggap memiliki khasiat bisa menenangkan jiwa atau pikiran yang sedang kalut.

5. Batu Akik Sungai Dareh

Batu akik yang berasal dari Sumatera Barat ini juga pernah dikenakan oleh para pemimpin negara. Salah satunya adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Barrack Obama pun diperkirakan juga memakai baju akik ini. Hal ini semakin menjadikan batu ini sangat mahal dan berkelas.

6. Batu Akik Bermotif atau Bergambar

Batu ini memiliki keistimewaan karena punya wujud atau motif gambar yang terukir secara alami. Ada batu akik yang punya gambar menyerupai ayam, tokoh, atau pemandangan. Batu gambar atau agate banyak ditemukan di Pacitan, Garut, dan Nusakambangan. Diyakini masih banyak lagi daerah penghasil batu gambar di Indonesia yang belum terkuak. Dan pastinya batu jenis ini tak akan lekang oleh zaman, dan memiliki harga yang sangat mahal.

7. Batu Akik Zamrud

Batu dengan warna khas hijau ini juga sangat dikenal dikalangan pecinta batu akik. Jenis batu ini sudah dikenal sejak ribuan tahun digunakan sebagai batu perhiasan. Batu Zamrud memiliki tingkat kekerasan yang sama dengan Batu Bacan yaitu 7.5 skala mohs. Batu Zamrud sangat dihargai dan dimuliakan pada zaman kerajaan karena dianggap sebagai lambang kemakmuran juga kedamaian. Jadi pantas rasanya jika batu ini dihargai sangat mahal dari dulu sampai sekarang.


Batu akik dijual dengan berbagai harga yang bervariasi, mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah bahkan sampai ratusan juta lebih. Harga batu akik ditentukan oleh jenis, warna, kecerahan, kejernihan, motif, dan berbagai ketentuan lainya. Karena banyak minat terhadap batu akik terutama oleh harganya yang bisa selangit, maka muncullah sekarang batu akik palsu yang biasanya terkenal dengan batu akik masakan, bisa disebut masakan karena pembuatannya berasal dari bahan kaca atau gelas yang kemudian dibakar hingga meleleh dan dibentuk sedemikian rupa sehingga mirip dengan aslinya, biasanya diapaki untuk cincin batu akik. Oleh karena itu bila ingin membeli batu akik harap waspada, pastikan yang anda beli adalah batu akik asli, tidak ada salahnya tanyakan dulu kepada mereka yang sudah ahli tentang batu akik. Bahkan sekarang ini sebagian pembelian batu akik disertakan sertifikat untuk jaminan keaslianya. terutama batu akik kualitas tinggi.

Demikian yang bisa kami sampaian mengenai Batu Akik dengan segala Keunikan dan Jenisnya .
Mohon waspada, karena sekarang lagi trend dan booming batu akik sehingga muncul di pasaran berbagai jenis batu akik palsu, jadi bila mau mencari atau membeli cincin batu akik pastikan penjualnya adalah sudah terpercaya, baik itu beli seara offline maupun beli di toko online, pilihlah toko online perhiasan batu akik yang kredibilitasnya tinggi

semoga bermanfaat...

http://goo.gl/7GYWPf

5 Responses to "Batu Akik dengan segala Keunikan dan Jenisnya"