5 Jenis Tumbuhan Obat dan Khasiatnya yang Baik Bagi Kesehatan

Indonesia dikaruniai berbagai macam kekayaan alam. Mulai dari pesona alamnya yang tersebar di seluruh nusantara, berbagai tambang dan mineral, juga aneka ragam tumbuhan. Banyak sekali sekali jenis tumbuhan obat dan khasiatnya yang sangat baik bagi kesehatan tumbuh subur di Indonesia. Yang kesemuanya itu bisa digunakan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit.

Obat mempunyai fungsi sebagai penawar racun. Di sisi lain, perkembangan dalam dunia obat-obatan juga semakin berkembang seiring dengan ditemukannya alat-alat modern yang canggih. Oleh karena itu, berbagai macam bentuk obatpun telah banyak diciptakan seperti pil, kapsul, serbuk maupun yang berupa cairan.

Selain diciptakan secara modern, banyak pula obat-obatan yang diciptakan secara tradisional dan dengan menggunakan bahan-bahan herbal seperti ramuan dari akar dan tumbuhan. Bahkan, banyak orang meng-klaim bahwa obat herbal jauh lebih aman dan berkhasiat dibandingkan jenis obat-obatan modern.

Pasalnya, obat-obatan modern banyak mengandung campuran pengawet yang justru membahayakan. Menanggapi fenomena tersebut, berikut ini adalah ringkasan tentang jenis-jenis tumbuhan obat dan khasiatnya bagi kesehatan.

Dilihat dari perkembangannya, pengetahuan obat-obatan herbal sudah mulai ditemukan sejak zaman dulu, tepatnya dikembangkan oleh nenek moyang kita. Mereka beranggapan jika tumbuhan maupun akar mempunyai fungsi magis dalam proses penyembuhan.

5 Jenis Tumbuhan Obat dan Khasiatnya yang Baik Bagi Kesehatan

- Temulawak
Curcuma Xanthorhiza Roxb atau yang lebih dikenal dengan temulawak merupakan tumbuhan asli Indonesia. Kawasan seperti Jawa, Kalimantan dan Sulawesi merupakan endemik dari tumbuhan yang terkenal sangat berkhasiat bagi tubuh. Penyakit-penyakit seperti maag, diare, perut kembung serta gangguan hati juga diyakini mampu disembuhkan dengan mengkonsumsi tumbuhan temulawak. Selain untuk penyembuhandengan temulawak juga sering digunakan sebagai campuran terapi makanan sehat pada pasien-pasien yang menderita sakit kronis. Sehingga temulawak juga terkenal sebagai obat herbal yang berkhasiat tinggi.

Tumbuhan Obat dan Khasiatnya yang Baik Bagi Kesehatan

- Jambu Biji
Selain digunakan sebagai campuran makanan sehat, jambu biji juga berkhasiat untuk menjaga stamina dan mengobati penyakit. Nama-nama seperti prolapsisani, sariawan, sakit kulit, maag, diare, dan diabetes melitus merupakan jenis penyakit yang mampu disembuhkan dengan mengkonsumsi jambu biji. Di Indonesia sendiri, jenis tanaman ajaib ini bisa dijumpai di kawasan pulau Jawa dan Kalimantan.

- Kunyit
Tanaman yang satu ini tergolong mudah dicari, khususnya dinegara-negara dengan iklim tropis seperti Indonesia dan Malaysia. Kunyit merupakan tumbuhan obat yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti kanker dan tumor. Selain itu, kunyit juga banyak digunakan sebagai olahan jamu tradisional Indonesia.

- Kumis Kucing
Nama tumbuhan obat ini tergolong lucu dan mudah diingat. Tumbuhan yang hidup di wilayah yang tropis ini mempunyai khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti menyembuhkan masuk angin, batu ginjal, kencing manis dan sembelit serta mampu memperlancar pengeluaran air kemih.


- Sambiloto
Andrographis Paniculata merupakan nama ilmiah dari jenis tanaman obat Sambiloto. Tanaman yang mudah di temui di hampir semua kawasan Indonesia ini mempunyai fungsi medis sebagai pelindung hati dan menekan pertumbuhan sel kanker.

Lengkapi pula dengan menerapkan hidup sehat serta berolahraga secara rutin agar kesehatan tetap terjaga. Itulah ringkasan tentang bebyang dapat disampaikan oleh info kesehatan mengenai beberapa jenis tumbuhan obat dan khasiatnya bagi kesehatan yang kesemuanya itu merupakan obat herbal alami yang mudah didapatkan di sekitar kita.

11 Responses to "5 Jenis Tumbuhan Obat dan Khasiatnya yang Baik Bagi Kesehatan"

  1. Maaf mau tanya...
    Setahu saya, jambu biji banyak jenisnya...
    Yang saya tanyakan, apakah semua jambu biji sama mempunyai hasiat seperti di atas, ?
    Terimakasih jawabannya

    ReplyDelete
  2. terimkasih informasi nya sangat bagus sekali , salam blogger

    ReplyDelete
  3. thanks share nya gan, infonya bermanfaat menambah pengetahuan ..

    ReplyDelete
  4. Bener gak sih biji jambu bisa bikin usus buntu

    ReplyDelete
  5. Apakah semua jenis jambu biji?

    ReplyDelete
  6. thanks infonya gan, bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  7. Kumis kucing itu yang gimana bentuk nya yah ? baru denger he

    ReplyDelete
  8. baru tahu kalau kumis kucing ada manfaatnya

    ReplyDelete
  9. tanaman sambiloto kalau boleh tau tanaman yang seperti apa ya gan?

    ReplyDelete
  10. bermanfaat infonya, sy sering minum kunyit tp nggk pernah ngerti manfaatnya cuma senang aja. ternyata bisa menyembuhkan kanker

    ReplyDelete